PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) PRODI PENDIDIKAN FISIKA UIN RADEN FATAH PALEMBANG “Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Inovatif Berdasarkan Tuntutan Kurikulum 2013 Bagi Guru di Madrasah Aliyah Ahlul Quran Palembang”

Tim Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang melakukan pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 10 dan 11 Maret 2022 di Madrasah Aliyah Ahlul Quran Palembang dengan tema “Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Inovatif Bersarkan Tuntutan Kurikulum 2013 Bagi Guru di Madrasah Aliyah Ahlul Quran Palembang.”. Acara diawali dengan kegiatan pembukaan di Aula MA Ahlul Quran Palembang. Dalam rangkaian acaranya, sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Dr. Win Afgani, S.Si.,M.Pd. selaku ketua Program Studi Pendidikan Fisika. Beliau menyampaikan tujuan dari kedatangan tim Program Studi Pendidikan Fisika ini untuk bersilaturahmi dan berbagi ilmu mengenai penyusunan perangkat pembelajaran yang inovatif berdasarkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran di MA Ahlul Quran Palembang. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang dianggap masih yang terbaik hingga saat ini dengan tetap melakukan beberapa kali revisi, diharapkan kurikulum 2013 ini dapat meningkatkan kualitas daripada guru maupun peserta didik. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bapak M. Jhony, M.Pd selaku kepala MA Ahlul Quran Palembang. Dalam sambutannya pihak sekolah mengucapkan terima kasih kepada Prodi Pendidikan Fisika yang telah melaksanakan pengabdian di MA Ahlul Quran Palembang. Harapan beliau semua guru dapat membuat perangkat pembelajaran khususnya RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)yang inovatif berdasarkan standar kurikulum 2013. Acara pembukaan ditutup dengan doa.

Setelah kegiatan pembukaan selesai, kegiatan dalam pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dengan kegiatan penyampaian materi mengenai Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Inovatif Berdasarkan Tuntutan Kurikulum 2013 Bagi Guru di Madrasah Aliyah Ahlul Quran Palembang. Pemaparan Materi yang pertama mengenai kurikulum 2013 disampaikan oleh Bapak Andi Putra Sairi, M.Pd selaku sekretaris prodi Pendidikan Fisika. Beliau menyampaikan bahwa guru harus kreatif dalam proses pembelajaran baik itu dalam hal administrasi sekolah khususnya pembuatan perangkat pembelajaran maupun dalam hal mengajar di dalam kelas. Kurikulum 2013 yang telah direvisi ini memberikan gerak kepada guru dan peserta didik untuk berkreatif dan berinovasi dalam proses pembelajaran.  Selanjutnya materi yang kedua disampaikan oleh Ibu Jamiatul Khairunnisa Putri, M.Pd selaku Dosen Prodi Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Palembang. Penyampaian materi dikhususkan pada pembuatan RPP, di dalam kurikulum 2013 yang telah direvisi berdasarkan SE Mendikbud No.14 tahun 2019 pembuatan RPP hanya berisi sekitar 1-2 lembar saja, karena guru diberikan kemerdekaan dalam proses pembelajaran yang artinya guru boleh melakukan proses pembelajaran berdasarkan situasi dan kondisi yang ada di lapangan ketika proses pembelajaran tersebut berlangsung.

Setelah acara penyampaian materi, acara selanjutnya yaitu tanya jawab. Salah satu pertanyaan yang diberikan kepada nara sumber adalah tentang seberapa pentingnya RPP tersebut dibuat, pertanyaan tersebut disampaikan oleh Bapak Ardi, S.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Pertaanyaan tersebut dijawab oleh nara sumber dan ditambahkan oleh beberapa dosen, RPP sangat penting dibuat oleh seorang guru untuk mendesain bagaimana proses pembelajaran yang akan diterapkan, RPP juga sangat penting untuk membangun kualitas sekolah dan kepentingan proses akreditasi.

Semoga kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Studi Pendidikan Fisika ini dapat menjadikan hubungan silahturhami dengan MA Ahlul Quran Palembang semakin baik dan kedepannya dapat melakukan kegiatan sejenis yang memberikan manfaat kebaikan bagi semua pihak.

Tags: No tags

Leave a Comment